Selasa, 13 November 2012

20 negara AS bagian kirim petisi pemisahan diri



Esnoe Faqih Wardhana - Sindonews
Selasa,  13 November 2012  −  17:41 WIB
Amerika Serikat
Amerika Serikat
Sindonews.com - Lebih dari 100 ribu warga Amerika Serikat (AS) telah mengajukan petisi ke Gedung Putih untuk memungkinkan negara mereka memisahkan diri dari AS, setelah Presiden Barack Obama terpilih kembali.

Seperti dikutip dari BBC.co.uk, Selasa (13/11/2012), Konstitusi AS tak mencantumkan klausul sebuah negara bagian bisa memisahkan diri dari AS. Hingga kini, belum ada tanggapan dari Gedung Putih soal petisi ini.

Petisi-petisi ini dikirimkan oleh warga AS dari 20 negara bagian. Pada pemilu lalu, sebagian negara-negara bagian ini memilih rival Obama, Mitt Romney. Sebagian besar petisi mengutip kalimat pembuka Deklarasi Kemerdekaan Amerika dari Inggris, di mana pendiri Amerika menyatakan hak mereka untuk "membubarkan grup politik" dan membentuk negara baru.

Salah satu petisi, yang berasal dari Texas ditandatangani 25 ribu warga negara bagian itu. "Mengingat bahwa negara bagian Texas mempertahankan anggaran berimbang dan merupakan ekonomi terbesar ke-15 di dunia, secara praktis layak bagi Texas untuk menarik diri dari United States,” sebut kutipan isi petisi Texas.

"Seperti pada 1860, wilayah Selatan memisahkan diri dari United States. Pada 2012, negara bagian Georgia ingin menarik diri dari Amerika Serikat," sebut kutipan petisi negara bagian Georgia.

Selain Texas dan Georgia, negara bagian lain yang juga mengirim petisi adalah Kentucky, Oregon, Montana, North Dakota, Mississippi, North Carolina, Florida, New York, New Jersey, Colorado, Arkansas, South Carolina, dan Missouri. 

0 komentar:

Posting Komentar